Pages

Labels

Friday, March 13, 2015

Tips Memilih Senar Gitar



Senar gitar adalah salah satu bagian terpenting dari instrumen gitar. Apabila kita hanya melihat dari sisi ukuran, memang senar gitar bentuknya relatif kecil dibanding sparepart atau komponen gitar lainnya. Walaupun kecil, peran senar gitar sangatlah dominan, bahkan apabila gitar tidak memiliki senar atau dawai ini, gitar tidaklah dapat digunakan dengan semestinya. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk kita bisa memilih senar gitar yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut tips memilih senar gitar :

1. Mengenali tipe senar/dawai yang sesuai bagi gitar yang digunakan

Bahan senar gitar secara umum dapat dibagi menjadi 2 macam. Bahan yang pertama adalah senar/ dawai yang berbahan dasar nylon/nilon. Senar/dawai jenis ini dapat dibilang mirip dengan senar pancing (senar untuk memancing) untuk dawai pertama hingga ketiga, dan untuk dawai keempat hingga keenam menggunakan bahan nylon yang dibungkus oleh lilitan kawat. Senar jenis ini biasanya digunakan pada gitar klasik/classic. Bahan senar yang kedua adalah senar gitar yang berbahan dasar dari logam (kawat) atau yang sering kita sebut dengan senar gitar string. Senar jenis ini sendiri ada 2 jenis, yaitu jenis untuk gitar elektrik dan akustik. Senar untuk gitar elektrik di desain untuk bisa peka terhadap magnet (agar pickup dapat "menangkap" dengan baik), namun lain halnya dengan senar untuk akustik, senar ini di desain untuk menghasilkan bunyi akustik yang baik dan tidak memerlukan kepekaan terhadap magnet (karena memang tidak adanya pickup yang menempel di gitar).



Dari penjelasan diatas, kita sudah mulai bisa menentukan senar gitar mana yang cocok untuk gitar yang kita gunakan, apakah gitar kita adalah gitar untuk nylon atau string, dan apabila string, apakah itu gitar akustik atau elektrik.

2. Mengenali jenis suara yang Anda inginkan

Jenis suara dapat kita tentukan salah satunya dari bahan senar gitar, apabila kita mencuplik dari website dAn Music Store, maka kita akan menemukan bahan-bahan senar mulai dari :
- Diameter yang digunakan, apakah itu 008, 009, 010, 011, 012, dll. Senar dengan ukuran besar, biasanya akan menghasilkan bunyi yang lebih keras (volume suaranya lebih besar) dan lebih bagus sustain (lama bunyi) nya. Untuk pemula, senarnya akan cocok apabila menggunakan ukuran senar kecil, karena ini tidak membuat jari sakit bagi yang baru belajar gitar.
- Bahan senar apakah itu phospore bronze, bronze 80/20, silk steel, flat tops, dll. menginginkan sound yang beragam.


3. Mengenali teknik bermain Anda

Cara kita bermain atau disebut dengan teknik bermain gitar yang kita gunakan, akan mempengaruhi pilihan senar yang akan Anda gunakan. Jika Anda adalah tipe pemain yang sering melakukan bending dan mengejar sustain yang cukup panjang, ada baiknya untuk Anda dapat memilih senar ukuran medium (ukuran 0.009 atau 0.010), namun sangat tidak cocok apabila kita menggunakan senar tipe heavy (ukuran 0.011 ke atas), ini dikarenakan senar heavy cenderung susah untuk dibending.

Dari pemaparan diatas, ada 3 hal yang dapat kita pertimbangkan dalam memilih senar gitar, namun, selain pemilihan senarnya, perlu perawatan senar gitar juga yang mutlak diperlukan untuk menjaganya tetap prima dan tidak berkarat. Semoga tips memilih senar gitar diatas cukup berguna bagi Anda. Untuk Anda yang ingin membeli senar gitarnya, tidaklah salah untuk dapat mampir di toko musik dAn Music Store.

0 comments:

Post a Comment